Terowongan bawah tanah Simpang Lima Gumul SLG Kediri Jawa Timur



Terowongan bawah tanah Simpang Lima Gumul SLG Kediri Jawa Timur

Terpikir bahwa Simpang Lima Gumul hanyalah sebuah Monumen yang berada di Lima persimpangan sebuah jalan. Namun saya salah. Berbeda dengan Simpang lima yang berada di kota Semarang, Simpang lima di kota kediri ini adalah sebuah kawasan rekreasi kota Kediri yang tertata apik di atas lahan dengan luas puluhan hektar.

Sebut saja Monumen Gumul. Bangunan besar menjulang tinggi dengan hiasan relief sejarah kebudayaan Kediri terlihat sangat iconik. Nuansa warna putih berukir relief di dinding bangunan, mendominasi unsur seni pada monumen tersebut. Terlebih ketika patung Ganesha nampak di ke-empat sisi. Seolah  ingin menonjolkan unsur nilai sejarah masa lalu, yang di kemas secara modern.

tampak depan - Simpang Lima Gumul

tampak samping - Patung Ganesha Simpang Lima Gumul

Berbentuk kotak bujur sangkar membuat monumen dapat terlihat dari berbagai penjuru. Maklum saja, bangunan modern ini berada di tengah-tengah lima persimpangan jalan raya. Uniknya kalian tidak harus menyebrang untuk sampai ke monumen ini. Kalian cukup melewati terowongan yang berada di bawah tanah. Tak tanggung-tanggung di lokasi ini menyediakan langsung 4 terowongan tersebar di 4 penjuru pintu masuk. 

ditengah jalan raya Simpang Lima Gumul

berbelok kekiri ( area parkir & pintu masuk kawasan simpang lima)

Pintu masuk terowongan 4 penjuru - Simpang Lima Gumul

Berjalan menyusuri terowong bawah tanah tidaklah seseram yang Saya bayangkan. Meski berada di bawah tanah, namun lorong ini sangat nyaman untuk di lalui.  Berbagai dokumentasi foto wisata dan budaya kota kediri terpampang di tiap sisi lorong. Hal ini memberi kan kesan seolah sedang berada di sebuah museum seni.


terowongan bawah tanah Simpang Lima Gumul

Di tempat ini kalian tak perlu khawatir untuk membayar. Seluruh fasilitas di kawasan Simpang lima Gumul ini gratis. hanya cukup membayar biaya parkir saja dengan suka rela.

Selain mengunjungi Monumen dengan replika mirip Monumen di Paris, kawasan ini pun memiliki banyak sekali ruang terbuka hijau dan dapat di nikmati secara gratis untuk umum. Ada taman hijau SLG, taman RTH, taman kepala kereta api, area skateboard serta taman depo SLG.  



Powered by Blogger.