Asal Usul dan Fakta Menarik Tentang Hotel Th 1918 Niagara Malang

Asal usul dan fakta menarik hotel niagara malang

Hotel ini kerap di kaitkan dengan cerita angker serta mistis saat nama-nya di sebut. Mungkin karena bentuk bangunan-nya yang terlihat tua atau berkembang-nya berbagai kisah seram di kalangan terdahulu. Ya Hotel Niaga Malang Lawang Jawa Timur.


hotel niagara saat semua lantai difungsikan doc. google

Jika berkunjung ke Lawang, Kalian akan menemukan satu bangunan klasik yang menjulang tinggi dengan kokoh-nya bernama Hotel Niagara. Meski dari luar tampak sedikit menyeramkan, tetapi saat masuk akan di sambut dengan interior, ornamen, dan material kuno bergaya kolonial Belanda yang epik.

1704699562-zg-Tnhl-Bppo-RUGDXKlu7-Pb-Wq6i-W7-Jl-LAy

gerbang hotel niagara doc. google

Berada di Jalan Dr. Soetomo 63 Kecamatan Lawang Malang, Hotel Niagara memiliki lokasi sangat strategis karena bersebelahan dengan Pasar Lawang serta bertempat di tepi keramai jalur lalu lintas Surabaya Malang. Selain itu Lawang juga merupakan daerah berudara sejuk diiringi megah-nya pemandangan Gunung Arjuna. Sayang-nya karena rumor seram yang sudah melekat membuat Hotel satu ini selalu di hubungkan dengan bangunan berhantu hingga terkenal keseluruh penjuru kota. Namun hal tersebut justru menjadikan Hotel Niagara selalu berbenah diri dan tetap mempertahankan bangunan klasik abad 20 yang membuatnya tak pernah sepi pengunjung hingga sekarang.

Berikut inilah Asal-usul dan beberapa fakta menarik tentang Hotel Niagara Malang ;

Asal Usul Berdiri-nya Hotel Niagara Malang

Luar biasa! bangunan berwarna pastel bata ternyata telah berdiri kokoh selama lebih dari 1 abad lama-nya sejak th 1918. Berbagai sumber menyebut Hotel Niagara Malang dahulu-nya merupakan sebuah Villa pribadi milik Liem Sian Joe pengusaha Tionghoa asal Belanda. Pembangunan-nya th 1903 di rancang oleh Arsitek ternama dari Brasil yaitu Fritz Joseph Pinedo memadukan Arsitektur bergaya Brazil, Belanda, Tiongkok dan Victoria. 

foto hotel niagara 1918-2023 doc instagram hotelniagaramalang

Gedung ini memiliki 6 lantai dengan tinggi 35 meter dan menjadi bangunan tertinggi di Asia pada masa itu. Villa tersebut di selesaikan hampir 15 tahun lama-nya. Namun 2 tahun setelahnya, th 1920 Pemilik meninggalkan Indonesia dan menetap di Belanda. Antara th 1930an saat pecah perang dunia ke-2, Villa ini sempat menjadi kamp interniran/tawanan orang-orang Belanda. Kemudian pada tahun 1960 ahli waris keluarga Liem Sian Joe menjual-nya kepada seorang pengusaha dari Surabaya bernama Ong Kie Tjai.

Setelah dilakukan pembenahan selama 4 tahun, th 1964 bangunan ini resmi difungsikan kembali dan berganti nama menjadi "Hotel Niagara" serta mencapai masa kejayaan di th 1980 ketika marak-nya Turis Mancanegara yang datang ke Surabaya menggunakan Kapal Pesiar. Setelah-nya banyak Hotel-hotel Heritage baru yang bermunculan sebagai pesaing hingga mulai berhembuslah isu-isu cerita seram wanita bunuh diri yang menyebabkan citra negatif tentang Hotel Niagara. Sementara menurut Pemilik Hotel isu cerita tersebut terjadi di era 30an masa interniran saat terjadi perampokan 1 wanita terbunuh. Lantas berkembanglah berbagai isu miring lain yang belum jelas tentang kebenaran-nya. 

Rumor Lantai 4 dan 5 di Tutup Karena Berhantu

lantai 4 hotel niagara malang tergembok doc foto by satyawinnie.com


Setelah Ong Kie Tjai wafat di th 1985, kemudian di gantikan oleh anak-nya bernama Ongko Budiarto Pemilik sekaligus General Manager Hotel Niagara Malang. Konon beredar rumor jika lantai 4 dan 5 Hotel Niagara di tutup serta di gembok lantaran berhantu sebab kejadian mistis di masa lalu. Namun hal tersebut di tepis oleh sang Pemilik. Beliau menegaskan lantai 4 dan 5 tidak dioperasikan karena terkendala akses Lift. Hotel berlantai 5 ini memiliki Lift bikinan Belgia th 1980an dan masih berfungsi hingga th 2000 saat lantai 4 dan 5 masih digunakan. Namun Hotel Niagara ditutup pada tahun 2000-an ketika renovasi total selama 1 tahun. Setelahnya Lift tersebut memiliki masalah di mekanisnya sehingga secara keamanan tidak di fungsikan. "Mau di renovasi tapi tidak di teruskan karena pertimbangan kalo di kasih Lift sampai keatas engga ekonomis karena kamarnya cuma sedikit", tutur Ongko Budiarto di chanel youtube TribunJatim Official. Sekalipun tak di fungsikan pihak Hotel tetap membersihkan ruang publik lantai 4 dan 5 secara berkala. 

Arsitektur klasik abad 20

halaman depan hotel niagara malang

Hotel Niagara ternyata bangunan yang memiliki keunikan tersendiri. Terlihat dari gaya Arsitektur-nya yang terdiri dari beberapa unsur aliran tertinggi di Asia pada jaman-nya. Ada unsur Eropa, Brazil, Belanda, Victoria serta Tiongkok. 

interior hotel niagara malang foto doc google

Pada Lobby Hotel terdapat patung harimau bersayap salah satu ciri khas suku Aztec. Lalu ada juga beberapa Ornamen dari Tiongkok seperti tulisan nama-nama pemilik pada kaca-nya. Ada juga beberapa patung budaya Tiongkok yang berada di root off lantai 6 Hotel Niagara. 

rooftop hotel niaga malang foto doc tripadvisor

Semua lantai Hotel Niagara memakai marmer yang di datangkan langsung dari Yunani. Motif marmer-nya pun bernuansa Art Deco yaitu seni dekoratif gabungan gaya Kubisme, Modernisme, Bauhaus, Art Nouveau, dan Futurisme yang lahir setelah perang dunia 1 hingga populer th 1920-1930an. Karena-nya Hotel Niagara sering di jadikan tempat acara oleh para komunitas Arsitek.

Video Viral di Tiktok 

Hotel Niagara menjadi viral karena unggahan Video Tiktok sepasang muda/i yang menginap namun di ganggu hantu hingga membuat mereka ketakutan dan langsung check out 15 menit kemudian. Namun Ongko Budiarto menegaskan bahwa video viral di tik tok tentang hotelnya tidak benar ia menegaskan tidak ada hal mistis atau kejadian aneh yang terjadi di hotel Niagara Malang. Video tersebut dibuat hanya untuk konten saja. Terbukti dri rekaman cctv milik Hotel Niagara.


Jumlah Ruang dan Kamar Hotel Niagara

Hotel Niagara berlantai 6 yang terdiri dari 5 lantai bangunan dan 1 lantai root top. Memiliki 26 kamar tetapi hanya 14 kamar saja yang di fungsikan.

  • lantai 1 untuk area public dan ada 2 kamar ; 1 u/ keluarga, 1 kamar tipe classic kamar mandi luar.
  • lantai 2 ada 6 kamar berbagai tipe.
  • lantai 3 ada 7 kamar.
  • lantai 4 ada 6 kamar dan lantai 5 ada 7 kamar, namun kedua-nya tidak di fungsikan karna terkendala lift.
  • terakhir lantai 6 yaitu Root top


hotel niagara berlantai 6 foto doc hotelniagaramalang

14 kamar tersebut memiliki kamar mandi dalam yang baru dibuat pasca renovasi dan sudah dilengkapi dengan shower air panas. Hotel yang berlokasi di pinggir jalan raya ini juga memiliki ruang pertemuan yang biasa digunakan untuk rapat dan seminar dengan kapasitas 50-75 orang. Tersedia pula fasilitas wifi gratis. Kalian juga bisa memesan Laundry.

Total Pegawai Hotel Niagara

Total Pegawai hampir 17 orang dengan 3 kali shift. Diantara-nya bertugas menyediakan makan siang sampai malam. Menu khas yang paling di sukai tamu adalah Nasi goreng-nya. Hotel Niagara telah tergabung ke dalam beberapa startup yang dapat diakses secara online untuk booking. Atau kalian juga bisa booking melalui situs hotel yang dikelola sendiri myniagarahotel.com

6 Tempat terdekat yang bisa di jangkau dari Hotel Niagara

Selain menginap di Hotel yang unik dan bersejarah, kalian juga dapat berlibur asik tak jauh dari lokasi Hotel yaitu :

  1. Taman Safari Prigen berjarak 22 km 
  2. Kebun Teh Wonosari berjarak 8 km 
  3. Kebun Raya Purwodadi berjarak 6 km
  4. Mata Air Pemandian Kalireco berjarak 4 km
  5. Stasiun Lawang berjarak 1 km
  6. Pasar Lawang berjarak 300 m

Hotel Niagara merupakan warisan masa lalu yang patut dipertahankan sebagai salah satu destinasi menginap unik serta bersejarah di Kota Lawang, Malang. Bagaimana tertarik bukan?

Powered by Blogger.