Resep Pecak ikan Kembung


Resep Pecak ikan Kembung

Masakan yang sedang Saya coba siang ini adalah masakan ala - ala Betawi, apalagi kalo bukan Pecak. Bagi sebagian besar masyarakat Betawi, Pecak salah satu masakan yang sangat di gemari. Menurut Saya, Pecak itu seperti Sambal, terdiri dari Cabe, Duo Bawang namun di bakar dan di ulek kasar serta di beri tambahan air dan beberapa bumbu dapur sebagai penyedap. 

Jadi teringat Warung Mpok Mumu, Warung masakan Betawi yang dahulu sering Saya kunjungi ketika makan siang di sela-sela kesibukan kantor. Masakan Warung tersebut memang Endang Estaurina. Mulai dari Pecak ikan, Pucung Gabus, Tumis daun kencur, Pesmol, Ikan Asin dan masih banyak lainnya. Semua terasa sangat enak. 

Seperti-nya bumbu-bumbu yang di bakar lalu di geprek membuat masakan tersebut menjadi lebih wangi dan sedap. Hmm... dari pada hanya sekedar mengingat dan air liur mulai keluar, Saya mau coba salah satu Menu masakan seperti Mpok Mumu. Meski tidak mendapat resep langsung, paling tidak sudah berusaha memirip miripkan rasanya.


Note :  bumbu2 rempah bisa saja hanya di geprek tanpa dihaluskan.





Bahan-bahan :
ikan kembung (berbagai jenis) = 2 ekor (lumurkan dengan jeruk nipis,( bawang putih,ketumbar dan garam yang telah di haluskan), diamkan hingga meresap) goreng dan sisihkan.

 


Bumbu Pecak :
bawang merah = 3 siung
bawang putih = 2 siung
cabe rawit = 5 pcs
cabe merah besar = 1 pcs
jahe = 1/2 cm
kunyit = 1/2 cm
temu kunci = 1/4 cm
sereh = 1 btg
garam = 1 sdt
jeruk limau = 4 pcs (ambil airnya)
kaldu bubuk sesuai selera
air putih = 300ml


Cara Membuatnya :
1.  bakar atau sangrai bawang,cabe,jahe,kunyit,temukunci,dan sereh hingga berwarna gelap, harum dan layu.

2. ulek kasar bawang merah,bawang putih, cabe rawit dan merah. geprek kunyit dan jahe. lalu tumis bersama sereh. tambahkan air putih, temukunci, dan garam. masak hingga mendidih.

3. Angkat dan sajikan bersama ikan kembung. kuah dapat di sajikan terpisah atau dapat pula di siram langsung.



Powered by Blogger.