Seperti ini iconik Wisata Panci Taman Dayu Pandaan Pasuruan Jawa Timur



wisata panci taman dayu pasuruan jawa timur

Berada di Jalan utama Komplek Taman Dayu, Pandaan-Pasuruan, ada satu desa yang terkenal dengan julukan Kampung Wisata Panci. Hmm... Ada apa saja sih di lokasi ini?

"Wisata Panci " dari namanya saja cukup membuat penasaran. Mengapa tidak?. Saat mendengar kata wisata secara otomatis tergambar akan hiburan dan pengetahuan. Entah itu berhubungan dengan Alam, sejarah ataupun sebuah hasil karya. Umumnya wisata berkaitan erat akan nama obyek yang akan di tuju, semisal wisata pengunungan dimana gunung sebagai obyek wisata-nya. Atau wisata pantai, wisata budaya, wisata kuliner dan masih banyak lainnya.

Di Pandaan - Pasuruan ada satu wisata yang cukup unik bernama "Wisata Panci". Sudah hampir di pastikan panci akan menjadi obyek yang berhubungan dengan wisata ini. Mau tau seperti apa wisata panci tersebut? yuks simak terus perjalanan kami. 

google map

Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Setiba di satu Gang Jalan Utama Komplek Taman Dayu Pandaan- Pasuruan, kami di sambut sebuah Papan nama bergambar Panci berisi ucapan "Selamat datang di kawasan Wisata Panci Dusun sukorejo"  yang tertempel pada Gapura sebuah gang. Gang tersebut cukup sempit dan sulit dilalui saat mobil berpapasan. Namun Gang itu pula menjadi jalur utama terdekat dari 2 jalur alternatif lain-nya. Tapi tak perlu khawatir karena jalur ini mulus beralas konblok.

Gang Masuk Utama Kampung Wisata Panci

50 meter masuk kedalam tampak sebuah masjid. Di lokasi ini banyak terdapat bangunan pertokoan yang semua-nya menjual berbagai peralatan dan perlengkapan dapur terlebih panci. Selain itu tersedia  juga lahan parkir yang tidak terlalu luas untuk menampung sekitar 5 kendaraan bermobil. 

Toko saling berhadapan satu sama lain terlihat cukup sederhana. Panci dan berbagai perabot rumah tangga tampak tersusun memadati hampir semua ruang pertokoan. Boleh jadi inilah yang di sebut dengan kampung wisata panci.

doc google map
mushola wisata panci taman dayu

Menurut mbah google, di kampung ini memiliki satu toko terbesar yang menjadi iconiknya Wisata panci. Letaknya berada di ujung Gang berjarak kurang lebih 50m dari lokasi pertokoan. Jadi saya memutuskan untuk mencari toko tersebut. Ternyata ada 2 jalur akses masuk menuju lokasi tepat di depan masjid. Jalur 1 (kanan) menyusuri rumah penduduk sedang jalur 2  (kiri) melalui berbagai toko panci dan perabot dapur. Kami memilih jalur 2 melewati pertokoan. Cukup Was-was saat melewati jalur ini, pasalnya beberapa pengunjung terlihat berlalu lalang. Beruntung kami datang bukan di saat weekend.

Jalur kanan Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Jalur kiri Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Selepas menyusuri jalur pertokoan dan rumah penduduk, sampailah di satu Area Parkir berhadap langsung dengan Toko Besar dan luas. Meski akses masuk menuju lokasi sempit, namun Area Parkir yang di sediakan terbilang luas melebihi bangunan pertokoannya. Area parkir pun bisa di akses berdasarkan 2 jalur masuk. Kedua-nya nanti akan saling bertemu. Kalian bisa masuk dari jalur 1 dan keluar lewat jalur 2 atau sebaliknya.

area parkir lewat jalur 2 Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

area parkir lewat jalur 1

    Area parkir depan toko Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

pintu jalur 1 Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Sebuah Toko besar inilah yang di namakan Wisata Panci. Terlihat dari Grafiti bertulis ''Wisata Panci" pada pintu sliding roll (Pintu geser) berukuran jumbo. Tak tanggung-tanggung tersedia 2 pintu jumbo di kedua sisi, Yaitu Pintu jalur 1 dan jalur 2, sehingga memudahkan pengunjung untuk masuk dari kedua jalur tersebut.

pintu jalur 2 Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Suguhan perabot dapur dan rumah tangga berbaris rapi di berbagai area. Sesuai namanya, beragam Panci sangat mendominasi. Ada yang terbuat dari Enamel, Stainless dan juga Aluminium. Yang mengejutkan Toko ini menawarkan Barang baru Kualitas 1/KW1 sampai Kualitas 3/KW3 serta Barang sortir (BS) dengan area terpisah. Harga-nya pun Relatif Murah dan semua harga telah tertempel pada masing-masing barang. 

                                                                                       
Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Selain Panci, tersedia pula alat dapur dan rumah tangga, semisal piring, nampan, cobek, kipas angin, kompor, dan masih banyak lain-nya. Meski Toko tidak di lengkapi AC dan terbilang sederhana, namun tanpa sadar akan betah berlama-lama di dalamnya. Hampir dipastikan kalian terhanyut saat melihat dan Tak segan-segan merogoh kocek untuk langsung membeli-nya.

Namun pastikan untuk mengingat atau mencatat harga barang yang akan di beli. Karena saat pembayaran, Kasir hanya menghitung dengan kalkulator secara manual tanpa memberikan struk/ alat bukti tertulis. Satu hal lagi, Toko ini hanya melayani pembayaran secara tunai, jadi pastikan juga uang tunai yang kalian bawa mencukupi.

Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Wisata Panci Taman Dayu Pandaan

Setelah lama berkeliling, memilih serta membayar barang yang  di beli, kami pun meninggalkan toko melalui jalur lain-nya yaitu Jalur 1. Jika kalian menggunakan mobil besar dan khawatir untuk masuk ke dalam Gang, Wisata Panci menyediakan pula Area parkir kendaraan besar untuk Bus. Akan tetapi lokasi-nya berada di seberang Gang Gapura Wisata Panci. Kalian harus berjalan -/+ 100km untuk Berwisata Panci.


Powered by Blogger.