Cara Aman Packing Tanaman Menggunakan Kardus Bekas

Cara Aman Packing Tanaman Menggunakan Kardus Bekas

Siapa sih yang engga suka dengan Tanaman! Terlebih saat melihat hunian di lengkapi Taman...

Tanaman merupakan Tumbuhan hidup yang secara sengaja di budidayakan agar memperoleh hasil atau manfaat. Bisa di jadikan sebagai sumber pangan, obat obatan, penyedia oksigen dan juga mampu menciptakan lingkungan lebih sehat serta asri.  Karena-nya, tak jarang Tanaman dapat menyumbang pundi-pundi Uang sebagai penghasilan yang bernilai ekonomis. Rata-rata Tanaman tersebut diperbanyak melalui stek batang, cangkok atau langsung dari biji. Seperti Tanaman Sayur-mayur, Tanaman Buah, Tanaman Herbal maupun Tanaman Hias. Begitupula Tanaman berbatang keras serupa Jati, Mahoni dan lain sebagai-nya. 

Pada Era Milineal, Tanaman berkembang pesat seiring kemajuan Teknologi Internet. Banyak kemudahan informasi yang bisa diperoleh sekaligus membuka peluang usaha secara online. Seperti yang sedang trend saat ini, yaitu Jual Beli Tanaman Hias.

Tanaman Hias menjadi favorite di antara Tanaman lain serta memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi. Selain itu Tanaman Hias bernilai Estetika pada hunian. Tak heran banyak diburu meski harus memesan secara online ke Luar Kota dengan berbagai resiko. 

Salah satu faktor resiko terbesar ialah Packing. Packing atau Pengemasan harus di perhatikan dengan baik, supaya terhindar dari kerusakan saat Pengiriman melalui Jasa Ekspedisi. Kayu atau Paralon menjadi pilihan terbaik menjaga Tanaman tidak rusak. Sayang-nya Biaya Ongkos Kirim menjadi lebih mahal.

Namun tidak perlu khawatir, menggunakan Kardus Bekas bisa menjadi pengganti-nya. Berikut ini contoh cara melakukan Packing Aman dengan hanya memakai Kardus Bekas, sehingga Tanaman terhindar dari resiko kerusakan juga menghemat Biaya Ongkos Kirim.

gb1

Langkah pertama, siapkan Tanaman yang akan di kirim. Beri media tanam, bungkus dengan plastik dan ikat dengan karet, supaya tetap terjaga kelembaban-nya.

gb2

Siapkan Kardus, pilih yang tebal seperti Kardus bekas Rokok. Lipat menjadi 8 bagian memanjang. Jika kurang, dapat di oplos kardus lain lalu ditempel dengan lakban. Beri Tali Rafia melingkar pada lipatan seperti contoh Gb.3 & 4.

gb3

gb4

Taruh Tanaman diatas kardus, ikat dengan tali rafia (Gb.5). Kemudian Lakban rapat agar tanaman tidak goyang saat pengiriman.

gb5

gb6

gb7

Ulangi kembali mengikat tanaman pada lipatan kardus. Buat arah Tanaman saling berhadapan satu sama lain (Gb.8&9).

gb8

gb9

Terakhir Gulung Kardus sesuai Lipatan yang telah di buat pada Gb.3, Satukan dan bungkus rapat dengan Lakban sebagaimana Gb. 10 s/d 12, lalu Packing siap untuk di Kirim.

gb10

gb11

gb12

Cara Packing di atas bisa menjadi sebuah alternatif sederhana untuk meminimalisir kerusakan akibat benturan atau batang patah saat pengiriman. Namun demikian beberapa faktor lain semacam Jenis Tanaman, ketahanan terhadap cahaya, kelembaban dan Jarak Pengiriman juga harus di pertimbangkan.


Powered by Blogger.