Resep Cumi Bunting Tahu

Cumi bunting tahu 

Cumi-cumi sering di jumpai pada masakan chinese food atau kuliner laut seperti seafood bakar khas wisata pantai. Tektur-nya yang kenyal, memiliki aroma khas serta bercita rasa gurih membuat Cumi banyak digemari. Di Jawa Timur Cumi di olah bersama Tinta-nya menjadi masakan yang lezat dan bikin nagih. Begitu juga masakan nusantara berasal dari sumatera yang kaya akan masakan bersantan seperti Cumi Bunting.

Disebut Cumi Bunting karena perut cumi yang menggelembung seperti sedang bunting/hamil/berbadan dua. Padahal tidak demikian, cumi tidak dalam keadaan hamil namun badan cumi sengaja di isi sesuatu seperti telur atau tahu kemudian dimasak dengan bumbu rempah dan santan. Rasa bumbu rempah bercampur kaldu Cumi justru membuat sedap masakan. Berikut ini resep sederhana membuat Cumi Bunting Tahu.

Siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, santan, jahe, kunyit, asam kandis, serai, daun salam, daun jeruk, tahu, telur, serta cumi yang sudah dibersihkan dan dibuang bagian mulutnya. 

Haluskan tahu beri telur, sedikit garam lalu aduk merata. Masukkan adonan tahu ke dalam piping bag ikat kemudian gunting bagian ujungnya. Isi cumi dengan adonan tahu rekatkan kepala cumi dengan tusuk gigi ulangi hingga selesai. Jika masih ada sisa adonan tahu tinggal dibuat perkedel tahu dan diberi tambahan bumbu sesuai selera. Lanjut didihkan kukusan masukkan cumi masak selama 2 menit, angkat sisihkan. 

Haluskan semua bumbu, kemudian tumis hingga harum. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, beri asam kandis. Masukkan cumi. Beri sedikit air dan santan instan. Bumbui garam, gula pasir kaldu bubuk dan lada. Jangan lupa cicipi. Setelah kuah menyusut, beri air mendidih. Tutup lalu matikan api. Cumi bunting tahu siap disajikan.


Simak Resep Lengkap di Video, Selamat mencoba...

@dapur_ke8un Cumi Bunting Tahu #resepcumi #resepcumibunting #resepgulaicumi ♬ Cooking BGM (Japanese style) - ArcTracks
Powered by Blogger.