Resep Lontong Sayur Labu Siam

Resep Lontong Sayur Labu Siam

Lontong Sayur menjadi menu sarapan favorit saat berkunjung ke Jakarta selain Bubur Ayam dan Nasi Uduk. Lontong Sayur yang terkenal ialah Lontong Sayur khas Betawi. Umum-nya memakai buah pepaya muda yang diserut dan juga kacang panjang serta memiliki kuah berwarna kuning kemerahan. 

Saat di sajikan di beri tambahan telur, sambal dan juga kerupuk. Ada juga yang menggunakan Labu siam atau Manisa sebutan masyarakat Jawa. Di Jabodetabek Lontong Sayur menjadi menu tradisi saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Proses membuat Lontong Sayur sangatlah mudah, kamu bisa membuat-nya sendiri di rumah.

Siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, lengkuas, kunyit, udang ebi, santan, labu siam dan kacang panjang. Potong Labu siam dan kacang panjang sesuai selera. Haluskan semua bumbu lalu Tumis beri daun salam masak hingga keluar minyak. 

Masukan Labu Siam, kacang panjang aduk merata. Bumbui 1 sdm garam, 1/2 sdm gula, 1/2 sdm kaldu bubuk. Tumis hingga layu. Jangan lupa cicipi. Siram dengan air mendidih secukupnya. Terakhir masukkan santan instan yang telah diberi sedikit air masak sampai mendidih tutup matikan api diamkan. Siapkan lontong, siram dengan sayur labu siam. Beri tambahan telur dan balado kentang ati ampela. Sajikan bersama taburan bawang goreng.


Simak Video Lengkap berikut ini, Selamat mencoba...


@dapur_ke8un Lontong Sayur Labu Siam #resepsayurketupat #reseplontongsayur #reseplabusiam ♬ Cooking - DM Production
Powered by Blogger.