Itinerary Sidoarjo - Jember Naik Kereta Api Probowangi



Itinerary Sidoarjo - Jember Naik Kereta Api Probowangi

Mengunjungi Kota Jember tercetus dua hari sebelum keberangkatan. Hal tersebut hanyalah keisengan dari obrolan singkat di pagi hari. Pilihan tertuju pada Jember karena lokasi-nya yang tidak jauh dari Sidoarjo tempat kami tinggal dan dapat di jangkau dalam waktu 1 hari tanpa menginap. Untuk sampai di Kota Jember kami menggunakan Transportasi Kereta Api. Selain waktu tempuh yang lebih cepat dan nyaman, jadwal perjalanan-nya pun bisa lebih mudah di perhitungkan. Ada dua jenis kelas yang di berikan PT. KAI demi melayani Rute Perjalanan Sidoarjo-Jember 2021 yaitu Kelas Ekonomi Ac serta Eksekutif. Masing-masing memiliki jadwal yang berbeda. Keberangkatan dari Stasiun Sidoarjo terjadwal Dini hari, pagi hari serta sore hari. Kalian bisa memilih antara ketiga-nya sebagai berikut :

1. Kereta Api Wijayakusuma kelas Eksekutif sekaligus Ekonomi berangkat Pukul 00:01 tiba 03:10 dini hari. 

2. Kereta Api Ekonomi Ac Probowangi berangkat pukul 06:06 tiba 09:50 pagi.

3. Kereta Api Ekonomi Ac Sri Tanjung berangkat pukul 14:16 tiba 17:24 sore.

Sedang Rute Perjalanan Jember-Sidoarjo 2021 dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Jember adalah sebagai berikut :

1. Kereta Api Sri Tanjung Ekonomi Ac berangkat pukul 09:32 tiba 12:40 siang.

2. Kereta Api Wijayakusuma Eksekutif sekaligus Ekonomi Ac berangkat pukul 13:57 tiba 17:06 sore.

2. Kereta Api Probowangi Ekonomi Ac berangkat pukul 17:26 tiba 20:59 malam.

Informasi lebih lanjut seperti Harga tiket, jadwal kereta serta mendaftar-nya silahkan kunjungi website booking.kai.id atau kalian juga bisa daftar melalui mesin pendaftaran di Stasiun tersebut.

Website Online PT. KAI

Setelah mengetahui Jadwal keberangkatan dan kepulangan, kami memutuskan menaiki Kereta Api Ekonomi Ac Probowangi seharga Rp. 29.000,-/orang. Kereta ini memiliki jadwal yang sesuai dengan perjalanan singkat dalam waktu satu hari. Kami berdua berangkat dari Stasiun Sidoarjo pukul 05:05 dan tiba di Jember 08:35 pagi (jadwal th. 2019).

Perjalanan selama 3 jam 40 menit terasa cukup nyaman meski menaiki kelas Ekonomi Ac. Kursi yang di sediakan 3-2 yang berarti tiap baris kursi di isi oleh 2 serta 3 penumpang saling berhadapan. Dan kami memilih kursi yang di isi oleh 2 orang. Untuk pilihan nomor kursi dapat di rubah saat Booking Online di website PT. KAI. Jadi buat kalian yang pergi beramai-ramai bisa memilih nomor kursi saling berdekatan.

e-Tiket untuk scan barcode di Mesin Check in
stasiun sidoarjo

kereta probowangi tempat duduk saling berhadapan

Sekitar Pukul 08:35 Kereta Probowangi tiba di Stasiun Jember tepat waktu. Stasiun Jember tampak luas tertata apik. Walau masih bangunan lama dan tidak modern seperti Stasiun Surabaya, namun sangat nyaman nan bersih. Jangan lupa di lokasi ini, sempatkan diri kalian untuk berfoto ria dengan Bapak Jokowi.

suasana stasiun jember

exit area stasiun jember

bersalaman dengan bp.jokowi - stasiun jember

Perjalanan menyusuri Kota Jember pun di mulai. Waktu yang kami miliki hanya sekitar 6-7 jam untuk Ngebolang di kabupaten yang terkenal sebagai salah satu produsen tembakau terbesar di Indonesia. Perjalanan, kami awali dengan berjalan kaki menuju Alun-Alun Jember berada tak jauh dari Stasiun. Hal ini sengaja kami lakukan untuk melihat-lihat suasana sekitar dan juga sekedar berkuliner ria.

google map

Jarak tempuh berjalan kaki sekitar 700m info google map. Tujuan kami pertama mencari sarapan pagi terlebih dahulu, lalu kemudian berjalan menuju Alun-Alun Jember. Sayang-nya selama perjalanan tidak ada warung yang bisa ditemui. Alhasil kami hanya membeli buah dan Teh panas di Alfamart terdekat. 

Pukul 09:03 sampailah kami di Alun-Alun Jember. Alun-Alun tersebut dikelilingi oleh rimbunan pepohonan. Pada bagian tengah terdapat lapangan luas berumput hijau serta dilengkapi arena berolahraga, tempat bersantai dan pedestrian.  Kami pun duduk santai sambil menikmati donat yang dijajakan satu pedagang sepeda keliling. Alun-Alun tampak sepi pagi itu.


Alun-Alun Jember

Perjalanan kembali berlanjut. Kami memutuskan untuk mencari mall terdekat. Plaza Matahari Johar Jember menjadi pilihan satu-satunya. Jarak tempuh sekitar 850m dengan berjalan kaki. 

google map

Beruntung saat perjalanan kami menemukan Warung Mobil tak jauh dari Gereja. Mobil pribadi tersebut menjajakan menu sarapan Nasi Campur dengan pilihan Nasi putih dan Nasi Kuning.


Gereja Katolik Santo Yusup

Nasi Campur kota jember

suasana berjalan kaki kota jember

Pukul 11:43 kami pun sampai di Plaza Matahari Johar, maklum saja kami memang berjalan sangat santai. Hitung-hitung berjogging sembari membakar kalori makanan yang masuk ke dalam perut. Tibalah waktunya kami untuk mendinginkan tubuh. Plaza Matahari Johar Jember berlantai tiga terbilang cukup luas untuk di kelilingi. Tak hanya Matahari Department Store, terdapat pula Gerai Mainan, Stand pakaian, Elektronik dan juga Foodcourt yang hanya menjajakan snack makanan dan minuman kekinian.

Penampakan plaza jember via google map

suasana halaman plaza jember

halaman plaza jember

Menjelang makan siang, kami memesan Gado-Gado di Halaman Plaza. Banyak Pedagang Kaki Lima menjajakan makanan di area tersebut. Beraneka Macam Toko, Kios serta warung makan berbaris di sisi seberang Plaza. Salah satu yang menarik perhatian adalah Pedagang Kue Rangi. Jajanan jadul ini cukup memiliki banyak antrian. Agar tidak penasaran kami lalu mecicipi. Rasanya lumayan enak dan harga-nya sangat murah. 

pedagang di halaman plaza

    

Kue Rangi murah meriah plaza jember

Waktu menunjukan Pukul 12:27, kami masih memiliki sekitar 4 jam untuk Ngebolang singkat. Wisata kota terdekat saat itu adalah Museum Tembakau Jember. Berjarak hampir 4km dari lokasi kami berada. Estimasi waktu tempuh kendaraan kurang dari 10 menit. Karena waktu cukup mepet kami memutuskan untuk naik Mobil Online GOCAR dengan tarif Rp. 12.000,-.

Tarif Gocar Matahari Johar ke Museum Tembakau 

Sesampai di Lokasi, kami kemudian masuk ke dalam kantor dan di sambut oleh seorang petugas. Mba Tantri namanya. Beliau memberi informasi bagaimana prosedur ketika ingin berkeliling di Museum Tembakau. Sebelum memulai kami di wajibkan untuk mengisi daftar tamu dan juga registrasi pada mesin yang di sediakan tanpa di pungut biaya. Berhubung masih jam istirahat, kami harus menunggu terlebih dahulu sambil melaksanakan kewajiban Sholat.

Kantor Museum Tembakau Jember

Ruang mendaftar museum tembakau jember

isi Registrasi museum tembakau jember

Memakan waktu sekitar 20 menit untuk berkeliling Museum. Mba Tantri dengan ramah memberi informasi mengenai bagaimana sejarah tembakau di kota Jember,  proses cara bertani jaman dahulu, apa saja yang dapat di hasilkan dari olahan tembakau hingga Kota Jember menjadi penghasil cerutu terbaik kedua di dunia. Ternyata Tembakau tidak melulu di olah menjadi Rokok Kretek yang dapat merusak kesehatan. Namun dapat di jadikan obat, pupuk, parfum, sabun dan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Galeri di dalam museum tembakau jember

Proses mengolah Tembakau museum jember

Asal muasal perdagangan-museum tembakau jember

beragam jenis tembakau di museum tembakau jember

Cerutu museum tembakau jember

Mba Tantri yang cantik museum tembakau jember

Sebelum berpamitan, kami menanyakan kuliner terdekat yang enak dan ramai di kunjungi. Mba Tantri merekomedasikan untuk Mencicipi Ayam Gephok Pak Giek berjarak 100m dari Museum. Kebetulan kami masih memiliki waktu 1 jam untuk mengisi perut sebelum kembali pulang ke Sidoarjo.


google map

ayam gephok pak giek

Ayam Gephok Pak Giek

Setelah puas menyantap Ayam Gephok Pak Giek yang Endulita, Tepat pukul 15:00 waktunya kami segera kembali menuju Stasiun Jember. Jarak tempuh ke Stasiun sekitar 2,1km. Lagi-lagi Kami menggunakan Mobil Online GOCAR dengan tarif murah sebesar Rp. 11.000,-.


Tarif GOCAR

25 Menit kemudian kami tiba di Stasiun Jember. Jadwal Kereta Api Ekonomi Ac Probowangi berangkat dari Jember pukul 16:37 dan tiba Sidoarjo pukul 20:33. Kami memiliki sisa waktu sekitar 1 jam untuk check in Tiket, sholat dan beristirahat. 

e-Tiket untuk scan barcode di Mesin Check in

Area tunggu Stasiun Jember

Area Stasiun Jember

Charging Center Stasiun Jember

Ngebolang singkat Kota Jember pun telah usai. Saatnya menikmati kembali perjalanan selama 4 jam seraya duduk hingga bobo manis. Lengkingan Peluit panjang mulai terdengar. Kereta Api Probowangi bersiap meluncur membawa kami kembali menuju Stasiun Sidoarjo dengan selamat.



Powered by Blogger.