Cabe Terong Tengger aka Cabe Gendot Rasa Pedas Panas-nya Awet di mulut dan perut

Cabe terong ak cabe gendot

Bagi pencinta dan penyuka pedas wajib banget nih menjajal Cabe dengan tingkat rasa kepedasan 3 kali lipat dari Cabe rawit. Unik-nya Cabe tersebut hanya tumbuh di dataran tinggi dan menjadi potensi Lokal daerah Pegunungan salah satu-nya Penduduk Tengger - Bromo Jawa Timur. Warga setempat menyebutnya Lombok Terong atau Cabe Terong khas Tengger. 

ukuran cabe terong sebesar 2 jari tangan 

Meski tidak sebesar ukuran Terong, tapi jika di sandingkan dengan Cabe rawit apalagi Cabe Merah hampir berkali lipat besar-nya. Bentuk-nya bongsor serta jumbo dengan ciri badan mengelembung sebesar 2 jempol tangan orang dewasa sekilas membuat-nya mirip Terong versi mini. Mungkin karena inilah di beri nama Lombok Terong atau Cabe Terong. 

 3 cabe terong selebar telapak tangan 

Mempunyai bentuk yang berbeda dari Cabe lain, Cabe Terong juga memiliki rasa pedas yang lebih Awet di mulut dan perut. Tidak seperti Cabe rawit jika di gigit langsung terasa pedas dan cepat hilang, Cabe Terong justru menjadi kebalikan-nya. Rasa Cabe Terong seperti perpaduan Cabe rawit, Cabe hijau dan Paprika bahkan Lada. Daging-nya tebal mirip Paprika dengan rasa pedas yang nyelekit di mulut hingga berangsur-angsur menjadi lebih pedas sekali. Bila Cabe rawit memiliki tingkat kepedasan 100.000 maka Cabe Terong Tengger mencapai 350.000 SHU dengan ciri khas warna hitam pada biji-nya. 

penjual cabe terong watu gede bromo

Di Tengger Cabe Terong ini banyak di budidayakan oleh warga Desa Ranupani dan Argosari walau masih Skala rumahan. Biasa-nya warga setempat menjual-nya kepada para wisatawan yang sedang berkunjung ke Gunung Bromo. Beberapa ada yang menjajakan Cabe Terong sebagai oleh-oleh Khas suku Tengger di Area Padang savana Watu Gede dengan harga 1 ikat Rp. 10.000 rupiah. 

menikmati cabe terong dengan mie instan


Warga Tengger umum-nya menanam Cabe Terong di perkarangan rumah untuk konsumsi pribadi sebagai bahan campuran pembuatan Sambal seperti Sambal Daun Bawang Prei Khas Tengger ataupun Sambal Bajak Petis. Sambal tersebut menjadi menu favorit Warga Tengger karena rasa pedas sekaligus panas-nya Cabe Terong mampu mengusir hawa dingin dalam tubuh yang selalu menusuk di Desa Tengger.

tanaman cabe terong 

pohon rimbun cabe terong 

Selain di Tengger Jawa Timur, Cabe berjenis ini juga bisa di temukan di Jawa Tengah maupun Jawa Barat terutama di Pasar-pasar Tradisional yang berdekatan dengan daerah asal-nya yang beriklim dingin. Yaitu Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah serta Dataran Tinggi Pangalengan Bandung Jawa Barat. Terkenal dengan nama Cabe Gendol atau Cabe Gendot yang di olah menjadi beragam menu masakan seperti Semur, Ase, Oseng-oseng, Tumisan, Sayuran bersantan dan lain sebagai-nya.


Cabe gendot di pasar kejajar dieng

Powered by Blogger.