Resep Pepes Ayam Jamur


Resep Pepes Ayam Jamur

Sudah hampir sebulan Blog sepi dengan postingan. Padahal banyak sekali stock resep serta stock foto yang tersimpan cukup lama dalam kamera handphone. Membuat postingan Blog memang gampang-gampang sulit. Terlebih ide cerita yang mengawali-nya. Agar konsentrasi dalam pikiran tetap terjaga, biasanya saya memerlukan suasana yang sunyi dan sepi. Perpacu dalam waktu sering menjadi sebuah kendala. Sepertinya waktu terasa begitu cepat berlalu.

Meski saya sudah tidak aktif sebagai wanita pekerja, namun menurut saya menjadi seorang istri dan mengurus rumah itu jauh lebih sulit. Terbayang rasa-nya ibu selalu mengomel ketika melihat rumah kotor dengan penempatan barang secara sembarangan. Melihat tumpukan piring yang belum tercuci. Melihat lantai yang terinjak santai oleh sepatu sendal tanpa santun dan lain sebagainya. Memasak, mencuci baju, mengepel, membersihkan rumah wahhh,,,sepertinya waktu luang seorang ibu terasa menjadi sangat sempit sekali.

Dalam urusan berumah tangga, saya masih terbilang baru. Moment yang paling saya sukai ketika menyiapkan masakan buat suami atau keluarga. Entahlah, ketika memasak dan hasil masakan habis terlahap, sepertinya ada kepuasan tersendiri. Seperti halnya menyelesaikan sebuah kasus yang sulit terpecahkan atau menyelesaikan soal ujian dengan nilai sempurna. Memasak seperti sebuah Seni. berkreasi dan menemukan ide baru, membuat hidup menjadi lebih berwarna.

Buat kalian yang sedang bosan atau sedang di landa kejenuhan, mengapa tidak mencoba untuk membuat kreasi masakan. Mulailah dengan menu yang sederhana namun dapat berkesan di hati keluarga tercinta. Seperti halnya resep Pepes Ayam jamur. Resep contekan ini saya peroleh dari hasil rumpian dengan ibu nun jauh di Tangsel.  Teringat dahulu sering membantu ibu membuat pepes ketika bazar pada sebuah perayaan. Ibu memang seorang yang aktif berjualan dengan memanfaatkan moment tertentu. Pepes ikan kembung dan pepes teri menjadi andalan ibu sewaktu itu. Jika melihat menu yang satu ini terkesan rumit dan repot. Tapi salah besar. Membuat pepes tidak rumit, bahan-bahannya pun mudah di dapat. Selain itu dapat di simpan dalam lemari pendingin, sebagai persediaan makanan keesokan harinya. Memasaknya pun tidak memerlukan waktu lama, hanya mengukus 25 menit saja, kita sudah dapat menikmati pepes ini. Teman juga dapat menganti bahan dasar ayam menjadi ikan laut, teri, cumi, tahu, jamur,hati ampela dan lain sebagainya.



Bahan-bahan
Ayam = 1 pcs (bagian dada, fillet tipis)




Jamur Merang = 4 pcs (potong kecil)



Daun kemangi = sesuai selera
Daun pisang = secukupnya  (potong ukuran sedang sesuai selera)


Bumbu pepes
Bawang merah = 4 siung 
Bawang putih = 3 siung
Cabe merah besar = 2 pcs 
Cabe rawit = 10 pcs (sisipkan utuh didalam pepes)
Kemiri = 6 pcs 
Tomat = 1 pcs
Daun salam & sereh secukupnya (sisipkan di dalam pepes) / tidak memakainya pun tidak apa-apa.
Garam = 1/2 sdt
kaldu bubuk = 1/2 sdt



Cara Membuatnya :
1. Blender halus bawang merah, bawang putih, cabe merah besar,kemiri dan tomat.




2. Letakkan ayam dan jamur dalam mangkuk besar, campurkan bumbu pepes yang telah di haluskan, tambahkan daun kemangi dan aduk rata.



3. Siapkan daun pisang, masukan adonan pepes tambahkan daun salam, sereh dan daun kemangi serta cabe rawit utuh. bungkus dan beri streples pada ujung daun. 


4.  Kukus selama 25 menit, hingga daun layu dan berubah warna.


5. Angkat dan hidangkan pepes dengan sepiring nasi hangat. Jangan lupa melepaskan streples di ujung daun, atau untuk mempermudah membuka bungkus daun pisang atau kita dapat mengguting bagian ujung-nya sesaat sebelum di hidangkan.

Pepes Ayam Jamur


Powered by Blogger.